# Tips: Login Page WiFi.id di OS Linux

Ryan Aunur Rassyid
Ryan Aunur Rassyid
Jan 17, 2020 ยท 6 min read

Berawal dari kesulitan penulis untuk berinternet di Wifi.id Corner maka penulis akan membeberkan cara mengkoneksikan Laptop bersistem operasi Linux ke jaringan wifi di Wifi.id Corner.

# Permasalahan

Dengan kebiasaan menggunakan OS Windows yang serba simple dan mudah, maka untuk sistem operasi linux akan sedikit berbeda ketika anda akan berhubungan dengan internet. Karena linux dibuat advance jadi anda di berikan kebebasan untuk mengkonfigurasi semua file sistem. Didalam keseharian penulis, penulis menggunakan NextDNS sebagai DNS Service yang mengamankan proses resolve dari domain yang anda kunjungi. Anda bisa mengkontrol Domain apa saya yang di block, diubah, dan disaring bahkan list domain iklan tersedia jadi anda tidak perlu mengetik satu persatu domain yang ingin anda block.

NextDNS Halaman depan nextdns.io (opens new window)

Karena NextDNS ini harus berjalan lokal (karena Telkon memblokir koneksi DNS keluar) jadi aplikasi berjalan dibelakang sebagai Services. Balik lagi ke permasalahan, karena koneksi wifi.id tidak mengizinkan internet sebelum anda login maka NextDNS ini tidak akan bekerja. Yang mana menyebabkan semua DNS Query yang mengarah ke service NextDNS tidak dapat di kerjakan.

# Troubleshoot

Secara default ketika kita tersambung terhadap layanan WiFI.id maka secara otomatis kita akan di arahkan ke halaman login. Namun itu berlaku untuk pengguna Windows dan Android saja, untuk pengguna Linux khususnya Linux Mint seperti penulis punya tidak sekalipun Halaman login terbuka sendiri di browser tanpa ada pancingan url yang di akses yang nantinya diharapkan akan di-redirect ke halaman login secara otomatis. Maka kita akan mencari apa penyebab dari masalah ini. Berikut adalah tahapan-tahapan troubleshooting:

# PING

Pertama kita cek terlebih dahulu konektifitas internet kita. Apakah kita dapat bertukar paket ICMP pada alamat IP 1.1.1.1 alamat router WiFi.id (bukan default Gateway). Jika ICMP mendapatkan replay dari IP tersebut maka anda sudah terhubung ke jaringan WiFi.id (belum Internet), namun jika mendapatkan replay lain atau error. Maka dapat dipastikan bahwa anda memiliki masalah pada settingan IP pada Networking Interface, cek terlebih dahulu IP yang di dapat.

ping 1.1.1.1

Contoh response bahwa alamat IP yang kita maksud bisa berkomunikasi dengan protocol ICMP dengan kita.

PING 1.1.1.1 (1.1.1.1) 56(84) bytes of data.
64 bytes from 1.1.1.1: icmp_seq=1 ttl=55 time=29.4 ms
64 bytes from 1.1.1.1: icmp_seq=2 ttl=55 time=29.0 ms
64 bytes from 1.1.1.1: icmp_seq=3 ttl=55 time=28.3 ms
64 bytes from 1.1.1.1: icmp_seq=4 ttl=55 time=28.4 ms
^C
--- 1.1.1.1 ping statistics ---
4 packets transmitted, 4 received, 0% packet loss, time 3004ms
rtt min/avg/max/mdev = 28.381/28.854/29.484/0.456 ms

# DIG

Setelah test menggunakan aplikasi PING, maka selanjutnya kita akan akan cek DNS Server kita, apakah bisa mereplay dengan alamat IP atau tidak. Cara ini dilakukkan untuk menguji DNS Query dan Konektifitas perangkat anda dan DNS Server. Cara nya dengan menggunakan aplikasi bernama DIG. Aplikasi ini bekerja dengan mengirim DNS Query ke server DNS dan menampilkan informasi seputar Domain yang di kehendaki.

dig welcome2.wifi.id

Contoh response bahwa DNS Server bekerja dengan menampilkan informasi dari domain yang kita maksud

; <<>> DiG 9.11.3-1ubuntu1.11-Ubuntu <<>> welcome2.wifi.id
;; global options: +cmd
;; Got answer:
;; ->>HEADER<<- opcode: QUERY, status: NOERROR, id: 3779
;; flags: qr rd; QUERY: 1, ANSWER: 2, AUTHORITY: 0, ADDITIONAL: 1
;; WARNING: recursion requested but not available

;; OPT PSEUDOSECTION:
; EDNS: version: 0, flags:; udp: 4096
;; QUESTION SECTION:
;welcome2.wifi.id.		IN	A

;; ANSWER SECTION:
welcome2.wifi.id.	82334	IN	A	10.233.16.13
welcome2.wifi.id.	82334	IN	A	10.233.16.32

;; Query time: 4 msec
;; SERVER: 118.98.44.10#53(118.98.44.10)
;; WHEN: Fri Jan 24 19:12:38 WIB 2020
;; MSG SIZE  rcvd: 77

# Bagaimana DNS Bekerja?

Untuk mengetahui penyebab masalah ini kita harus paham bahwa prosess troubleshooting dilakukkan secara bertahap seperti langkah-langkah diatas yang sudah kita lakukkan.

Bagaimana DNS Bekerja - NyanDev Blog How DNS Works - wpbeginner.com (opens new window)

  1. "Saya butuh alamat untuk domain http://www.wpbeginner.com", User menanyakan kepada DNS Server alamat IP dan Konfigurasi DNS untuk alamat domain tersebut.
  2. "Domain dengan alamat www.wpbeginner.com tidak ada di database maupun cache. DNS Server akan mencoba menanyakan ke DNS Server lainnya", Ya DNS Server saling bertanya pada DNS Server lainnya tiap alamat domain yang ditanyakan tidak tersedia pada dirinya jika Alternative DNS Server atau Secondary DNS Server di set oleh user.
  3. "Domain itu ada pada cache saya, itu mengarah pada alamat IP berikut 70.42.251.42"
  4. "Great! alamat IP nya saya simpan di Cache untuk berjaga jika ada yang meminta domain yang sama nantinya", alamat IP nya di simpan dan informasi tersebut di kirim kembali ke user.
  5. "Terima kasih atas arahnya, Sekarang saya bisa mencari informasi yang bagus disana", dengan cara dan tahap yang super ribet akhirnya user dapat berselancar ke domain yang di maksud.

# Solusi

Dalam kasus penulis, dengan mengembalikan DNS ke local dengan merubah settingan nameserver pada file /etc/resolve.conf tetap tidak dapat berkerja. Setelah coba browsing cara mengatasi ini sampai penulis menemukan bahwa ada cara untuk mengatasi hal ini. Yaitu dengan cara menambahkan IP DNS yang diberikan oleh perangkat WiFi (dalam kasus ini WiFi.id) pada file /etc/resolve.conf.

Contoh DNS Server yang didapat oleh Network Interface yang tidak dapat bekerja tanpa dimasukkan kedalam file resolve.conf ini.

# file /etc/resolve.conf
nameserver 118.98.44.10
nameserver 118.98.44.100

Sudo

Jangan lupa untuk menambahkan sudo ketika hendak mengedit file tersebut. Contohnya sudo nano /etc/resolve.conf

Selesai, selanjutnya kita akan test apakah DNS Server bekerja sekarang. Buka browser dan kunjungi alamat berikut http://1.1.1.1. Ini adalah alamat IP yang di kenali oleh router sebagai DNS Server internal jadi kita berharap prosess redirect ke halaman login bisa terjadi dengan cepat. Atau kamu bisa menggunakan alamat lain seperti

Alamat ini di design untuk mengecek apakah koneksi kamu ada atau tidak. Jadi kalau ada perintah redirect yang di dapat dari router maka akan langsung di redirect ke halaman login jika ada. Ini juga bisa dipakai pada WiFi lainnya yang menggunakan sistem login sebagai cara untuk mengakses internet jika halaman login yang di maksud tidak muncul.

Dan seharusnya kamu sekarang sudah mendapati halaman login WiFi.id yang sudah terpampang di layar laptop mu. Tinggal memasukkan username dan password voucher kamu bisa berselancar ria di internet.

# Kesimpulan

DNS Server memiliki peranan vital dalam internet karenanya semua pemetaan IP dan Domain ada padanya. Karenanya, diharapkan pembaca jadi lebih paham bagaimana DNS bekerja lewat studi kasus permasalahan simple ini. Dan bagaimana troubleshooting permasalahan secara bertahap.